• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Kepala dinas perikanan kab.Sukabumi hadiri Rakor petambak udan

    NUSANTARA NEWS
    Kamis, 24 Agustus 2023, 07:05 WIB Last Updated 2023-08-24T00:05:36Z

    Nusantaranews | Sukabumi


    Rapat Koordinasi antar petambak Udang vanamei di Kabupaten Sukabumi dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 bertempat di Aula PT. Norway Aqua Farm Ciracap, Rapat ini dihadiri oleh seluruh pengusaha tambak dan pembudidaya  udang vanamei yang ada di Kabupaten Sukabumi diantaranya dari wilayah Tegalbuleud, Surade, Ciracap, Ciemas dan Cisolok. Rakor ini bertujuan sebagai sarana komunikasi dan koordinasi antar petambak dalam rangka menjalin kemitraan dan penanggulangan masalah yang dihadapi dalam budidaya udang vaname rapat di hadiri oleh Kepala Dinas Perikanan, beserta jajaran  Bidang Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi.



    Budidaya udang vanamei di Kabupaten Sukabumi sedang mengalami perkembangan yang cukup bagus. Hal ini ditandai dengan mulai banyaknya  pembangunan kolam-kolam tambak konvensional  maupun kolam bioflok budidaya udang vanamei mulai berkembang seiring dengan ditargetkannya Indonesia menjadi produsen udang nomor satu di dunia oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. 


    Kondisi perairan di wilayah Kabupaten Sukabumi sangat mendukung untuk usaha budidaya udang, karena relative masih bersih bebas dari pencemaran.  Namun demikian, pada saat rapat diungkapkan bahwa budidaya udang vanamei di Kabupaten Sukabumi terkendala oleh status lahan yang umumnya masih dikuasai oleh HGU perkebunan dan pertambangan. Untuk itu Dinas Perikanan akan membantu untuk menginventarisir lahan-lahan HGU di pesisir untuk dapat dimanfaatkan dalam budidaya tambak. Kendala lain yang dijumpai para pengusaha tambak adalah masalah perizinan. Mereka meminta adanya panduan tentang langkah-langkah perizinan yang harus ditempuh dalam melakukan usaha budidaya tambak. Untuk itu Dinas Perikanan akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membuat suatu panduan mengenai perizinan tambak.  Masalah penanggulangan penyakit juga merupakan hal yang penting dalam usaha budidaya tambak karena sumberdaya air yang digunakan berasal dari sumber yang sama, oleh karena itu perlu adanya komunikasi dan koordinasi antar para petambak dalam menyikapi hal tersebut. 


    Rapat koordinasi ini akan terus berlanjut dan menjadi agenda rutin bagi para petambak yang ada di Kabupaten Sukabumi. 


    (Yp)


    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU