• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Bencana Tanah Longsor Melanda Kp. Salak Datar Desa Cimaja, Sukabumi: Tidak Ada Korban Jiwa, Namun beberapa Rumah Warga Hancur

    NUSANTARA NEWS
    Selasa, 26 Maret 2024, 06:40 WIB Last Updated 2024-03-26T19:56:10Z

     


    SUKABUMI - NUSANTARANEWS - Pada hari Senin, 25 Maret 2024, pukul 19.00 WIB, Desa Cimaja Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi dilanda bencana tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi. Kejadian ini terjadi di Kp. Salak Datar, Rt 001 Rw 008.


    Penyebab bencana ini di akibatkan curah hujan yang cukup deras sejak jam 16.00 WIB, menyebabkan tanah longsor di tanah milik Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dengan beberapa kejadian longsor susulan.


    Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, dampaknya cukup signifikan dengan 5 rumah warga, 4 kandang kambing, dan 1 mushola yang terkena dampak, serta 21 jiwa dan 11 kepala keluarga yang terdampak. Selain itu, 30 ekor kambing juga ikut terkena dampak.


        *Vidio Amatir Warga di Lokasi Kejadian *

    Kerugian materil masih dalam pendataan karena evakuasi belum dapat dilakukan akibat masih terjadi longsor susulan.


    Upaya penanganan yang telah dilakukan antara lain koordinasi dengan FORKOPIMCAM dan pemerintah Desa Cimaja, serta mobilisasi Pol PP kecamatan, Babinsa, Bhabimkamtibmas, dan Puskesmas Cikakak. Taman Nasional juga terlibat dalam upaya penanganan.


    Saat ini, situasi masih dalam kondisi darurat, dengan material longsoran tanah masih sulit dievakuasi karena masih terjadi longsor susulan.


    Kebutuhan mendesak meliputi tenda pleton, sembako/bahan makanan, dan pakaian dewasa dan anak. Pihak terkait terus berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut.



    Jurnalis: Ismet 

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU