• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    MAKI: Harun Masiku Tidak Punya Uang 900 Juta Untuk Suap Wahyu Setiawan

    SuaraSulawesi.com
    Kamis, 13 Februari 2020, 16:09 WIB Last Updated 2020-02-13T09:18:09Z
      MAKI: Harun Masiku Tidak Punya Uang 900 Juta Untuk Suap Wahyu Setiawan

    JBN NEWS ■ Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyerahkan bukti print dari foto screenshot komunikasi di aplikasi WhatsApp antara politisi PDI Perjuangan Harun Masiku dengan temannya, bernama Budi.

    Di bukti print itu disebutkan Harun Masiku meminta dibelikan tiket pesawat kepada Budi. Bukti  print itu diserahkan kepada hakim tunggal Ratmoho di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Kamis (13/2/2020).

    Penyerahan bukti tersebut terkait persidangan praperadilan nomor 8 / 2020 antara MAKI lawan KPK atas belum ditetapkannya tersangka baru perkara dugaaN suap Harun Masiku kepada Wahyu Setiawan.

    "Atas bukti tersebut menunjukkan Harun Masiku adalah sosok biasa dari sisi keuangan dikarenakan untuk sekedar kebutuhan tiket pesawat meminta kepada temannya sehingga sangat muskil apabila Harun Masiku mampu menyediakan uang suap Rp. 900 juta kepada Wahyu Setiawan," katanya.

    Dengan uang suap 900 juta bukan dari Harun Masiku, maka uang tersebut diduga berasal dari pihak lain sebaimana pokok permohonan praperadilan dimana ada pihak lain yang membiayai uang suap kepentingan Harun Masiku.

    "Kami juga telah bertemu dengan orang yang bernama Budi teman Harun Masiku tersebut, dimana menjelaskan sehari hari pekerjaan Harun Masiku adalah lawyer namun jarang bersidang," katanya.

    Terakhir, lanjut Boyamin Saiman, saudara Harun Masiku menangani klien perusahaan milik orang asing namun Harun Masiku tidak bisa membantu kasus hukum perusahaan tersebut, sehingga Harun Masiku tidak dibayar oleh perusahaan milik orang asing tersebut.

    Atas kondisi tersebut, imbuhnya, Harun Masiku tidak berduit selama 6 bulan terakhir sehingga sangat diragukan untuk punya uang dipakai menyuap Wahyu Setiawan.

    "Untuk itu KPK harus segera menetapkan tersangka baru orang yang diduga membiayai uang suap antara Harun Masiku dan Wahyu Setiawan," pungkasnya.

    ■ R-01

    @JBN NEWS | Jaringan Berita Nasional 

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU