• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Diskusi Pekan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi "Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan"

    NUSANTARA NEWS
    Rabu, 25 Oktober 2023, 17:42 WIB Last Updated 2023-10-25T10:47:21Z

     



    NUSANTARANEWS - SUKABUMI

    Disbudpora Kabupaten Sukabumi mengadakan dialog dalam rangka Pekan Kebudayaan Nasional 2023 dengan tema "Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan"di Museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/10/23).


    Kegiatan acara tersebut melibatkan pihak diantaranya dinas Pendidikan, Disbudparpora, dinas pariwisata, dan sejumlah komunitas penggiat seni budaya lainya , Yanti Kepala Bidang Kebudayaan Kabupaten Sukabumi menyampaikan pentingnya pemajuan kebudayaan daerah, khususnya dalam aspek pemajuan bahasa dan pengembangan budaya yang bersinergi dengan sektor pariwisata dan pendidikan. 




    "Merawat kebudayaan sama dengan merawat Sukabumi, Dalam diskusi Tentang kemajuan kebudayaan diaspek objek pemajuan bahasa, bagaimana membudayakan bahasa di kalangan masyarakat anak anak dilingkungan sekolah. Kemudian upaya pengembangan budaya bersinergi dengan pariwisata, kebudayaan bersinergi dengan dinas pendidikan dalam hal membina." Paparnya




    Ditempat yang sama Nandang Suparman, selaku Dewan Kebudayaan, juga menambahkan perlunya kolaborasi antara pihak terkait guna membangun kesepahaman dan komitmen, dengan harapan diskusi ini mendorong inovasi dan kreativitas dalam menciptakan budaya yang berkelanjutan di masa depan.


    "Tinggal kita pokuskan Sekarang bagaimana dan siapa yang harus terlibat didalam pemajuan kabupaten Sukabumi sesuai dengan visi misinya." Tutupnya.




    Dalam diskusi dihadiri oleh dewan kebudayaan, MGMP sejarah, MGMP seni, Pepadi, PPSI,  Kipahare, Tim Ahli Cagar Budaya, Pegiat Budaya, Girijaya Cidahu, Arumba, Gapura Emas, Padepokan Sari Oneng, Batu Gores, Pemajuan Kebudayaan Desa, Gelar Pusaka, Unsur Bidang Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Sukabumi, yang dimeriahkan pertunjukan tari kondangan, kacapi suling, pertunjukan  serta Pareubut Seeng.



    (M.idris)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU