• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Pemanfaatan Potensi Panas Bumi dalam Mendukung Program Energy Transition di Kabupaten Sukabumi.

    NUSANTARA NEWS
    Rabu, 29 November 2023, 18:48 WIB Last Updated 2023-11-29T11:49:15Z

     


    Sukabumi - NusantaraNews 

    Sosialisasi terkait potensi pemanfaatan panas bumi di kabupaten Sukabumi, Kegiatan berlangsung di Gedung BK3D / Wisma Bhumi Atikan, Jl. Raya Sukabumi, Cibadak, Kec. Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rabu (29/11/23).


    Sosialisasi tersebut diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Energi  Sumber Daya Mineral ( ESDM), yang dihadiri berbagai pihak seperti Bappelitbangda Kab. Sukabumi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, para Camat, Asosiasi Pariwisata, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), hingga pemimpin desa dan perwakilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).


    Zhaki Zain Kepala Bidang ESDM Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengatakan, kegiatan ini adalah sosialisasi potensi pemanfaatan panas bumi.



    "Panas bumi bisa dimanfaatkan secara langsung, seperti untuk argo wisata. Selain itu, panas bumi dapat digunakan sebagai pengering kopi, gula aren, sterilisasi bibit, dan banyak lagi." Ungkapnya.


    Sementara itu Pauzi, salah satu Dosen dari Universitas Islam Bandung (UNISBA), menyampaikan, "Sosialisasi ini sangat baik untuk pengembangan Kabupaten Sukabumi dalam memanfaatkan panas bumi secara langsung." katanya 


    Pemanfaatan yang optimal dan efesien meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sukabumi, Melalui Pemanfaatan Panas Bumi "Dampak negatif dari teknologi panas bumi ini minim, berbeda dengan penggunaan bahan bakar fosil yang tidak akan memberikan dampak negatif signifikan kepada masyarakat."tegasnya.


    Idris

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU