• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Menjaga Stabilitas Politik, Fokus Seminar LAPDN dan KPU Sukabumi untuk Pemilu 2024

    NUSANTARA NEWS
    Rabu, 29 November 2023, 18:20 WIB Last Updated 2023-11-29T11:21:13Z

     


    Sukabumi - NusantaraNews 

    Lembaga Asistensi Pemerintahan Dalam Negeri (LAPDN) bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menggelar seminar bertajuk "Peran Pemerintah Daerah dalam Menjaga Stabilitas Politik menjelang Pemilu Serentak 2024". Acara ini berlangsung di Hotel Atikan, Jl. Raya Sukabumi, Cibadak, Kec. Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rabu (29/11/23).


    Tri Subekti, selaku koordinator panitia LAPDN, menjelaskan bahwa seminar ini merupakan bagian dari persiapan pemerintah daerah menghadapi Pemilu 2024. "Hasil kajian yang telah selesai, hasilnya kami sosialisasikan hari ini terkait persiapan menjelang Pemilu mendatang," ujarnya.


    “Dalam kajian ini, indikator terkait peran masyarakat, mulai dari pemilih lansia hingga pemula, menunjukkan peningkatan sebesar 80%. Selain itu, fasilitasi bagi penyandang disabilitas juga sudah dipersiapkan berdasarkan hasil kajian tersebut,” tambahnya.



    Sementara itu mantan Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman, dalam penelitiannya keterlibatan Menteri Dalam Negeri dalam peran Pemerintah Daerah terkait kesuksesan Pemilu, menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mensosialisasikan SIPANTAU (Sistem Informasi Pemantauan Pemilu).


    “Melalui SIPANTAU, jadi kami dapat memantau segala kegiatan yang terjadi di seluruh wilayah, mulai dari penyediaan logistik hingga penanganan korban di tempat pemungutan suara. Hal ini menjadi masukan penting bagi Kementerian Dalam Negeri untuk peningkatan kapasitas pemerintah daerah,” ungkapnya.


    Seminar yang dihadiri oleh berbagai pihak ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang kokoh dalam mempersiapkan pemerintah daerah menghadapi Pemilu Serentak 2024.


    Idris

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU