• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Upacara Hari Juang Siliwangi 09 Desember 2023 Di Monumen Bersejarah Bojongkokosan.

    NUSANTARA NEWS
    Minggu, 10 Desember 2023, 10:25 WIB Last Updated 2023-12-10T03:26:09Z

     


    Sukabumi - NusantaraNews

     Tepat pada hari Sabtu tanggal 09 Desember adalah Hari Juang Siliwangi , bertempat di Lapangan Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi acara tersebut di hadiri unsur TNI POLRI, Pemerintahan, dan Seluruh Elemen Masyarakat dan Pemuda Serta keturunan para pejuang Siliwangi.

    Sabtu (09/12/2023)


    Perwira Upacara : Kapten Inf Ahmad Amin, S.Pd.I, Cadangan Perwira 

    Upacara : Kapten Inf Cecep Toha, A.H. 

    Pembawa Acara : Serka (K) Niken Pebistiana

    Cadangan Pembawa Acara : Protokol Pemda Kabupaten Sukabumi 

    Pembaca Do'a : Sertu Ambar Abraham. 



    Peringatan Hari Juang Siliwangi tidak terlepas dari sejarah pertempuran di Palagan Bojong Kokosan ini, Komando Resimen III TKR yang dipimpin olehLetkol Edi Sukardi yang bekerjasama denganLaskar-Laskar rakyat seperti Hisbullah, Fisabilillah,Barisan Benteng dan Pesindo yang pada saat itudisusun dalam empat titik tempur.


    mulai dari Cigombong Kabupaten Bogor sampai Ciranjang Kabupaten Cianjur. Tercatat dalam pertempuran Bojong Kokosan sekitar 50 orang tentara Sekutu tewas dan 100 orang lainnya cedera,sebaliknya korban dari kubu pejuang Indonesia sebanyak 28orang.


    Dandim 0607/ Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto Mengatakan, Dengan menjadikan momen bersejarah peristiwa Bojong Kokosan sebagai simbol perjuangan dan sebagai tonggak perjuangan hari Juang Siliwangi.



    "marilah kita renungkan bersama, apakah yang telah kita perbuat untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Negeri ini masih membutuhkan banyak pengabdian dan pengorbanan, demi masa depan bangsa dan generasi yang akan datang"Ujarnya


    "Peringatan ini sebagai refleksi dalam menghargai perjuangan pahlawan dalam melawan penjajahan. Hari Juang Siliwangi juga menunjukkan bahwa para pendahulu kita telah berkorban jiwa dan raga untuk menjaga kedaulatan bangsa dari pasukan tentara Sekutu"tutupnya.


    Di akhir Acara ada pembagian bantuan sembako dari keturunan para Pejuang, adalah bentuk terimakasih kepada Pendahulunya dalam keikutsertaan dalam perjuangkan kemerdekan.


    Idris

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU