• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    TP PKK Kabupaten Sukabumi ikuti Kegiatan Lomba Masak Berbahan Baku Ikan Tingkat Provinsi

    NUSANTARA NEWS
    Jumat, 01 September 2023, 19:02 WIB Last Updated 2023-09-01T12:02:19Z

    Nusantaranews | Sukabumi


    Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mendampingi TP PKK Kabupaten Sukabumi dalam Kegiatan Lomba Masak Berbahan Baku Ikan Tingkat Provinsi TA 2023, yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 01 September 2023, bertempat di Gedung PKK Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan di Jawa Barat serta diversifikasi produk olahan ikan dalam memenuhi gizi keluarga. Lomba masak ini melibatkan unsur PKK dari 17 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. 




    Kegiatan ini memeliki tujuan yaitu menyosialisasikan kembali kebiasaan gemar makan ikan pada masyarakat. Para Kader PKK dituntut untuk kreatif serta inovatif dalam mengolah bahan baku ikan menjadi makanan yang menarik namun tetap lezat disantap. 


    Kepala Dinas Perikanan, Nunung Nurhayati menuturkan TP PKK Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan beberapa menu masakan yang di lombakan. Diantaranya adalah Buntel Danghadu yaitu sebuah inovasi masakan yang berbahan dasar udang, tahu dan daun mengkudu. Selanjutnya ada menu masakan Bolnas Urula atau Bola Nasi Udang Rumput Laut, berbahan dasar udang dan rumput laut. Menu yang ketiga adalah Magang Ikan Pating, atau Macaroni Panggang Ikan Patin. Menu yang Keempat adalah Soledap, menu masakan yang berbahan baku ikan lele, dan sedap malam. Dan yang terakhir adalah Spikuk Udang. 


    Menu masakan yang di lombakan ole TP PKK Kabupaten Sukabumi, cukup beragam, kreatif dan sangat inovatif. Diharapkan kedepannya dapat meningkatkan konsumsi ikan, khususnya di Kabupaten Sukabumi. Diakhir acara, diumumkan pemenang Lomba Masak Berbahan Baku Ikan TA 2023. Kabupaten Sukabumi dengan nomor urut 11 mendapatkan peringkat Juara III pada Lomba Masak Tahun ini. Para pemenang lomba masak tahun 2023 adalah sebagai berikut : Juara I diraih oleh Kota Cimahi,  juara II Kota Cirebon, Juara III kab. Sukabumi, Harapan I Kab. Ciamis, ,Harapan II kab. Karawang ,Harapan III Kab. Kuningan Peserta dengan menu masakan terfavorit Kab. Bandung Barat peserta dengan menu masakan terestetik adalah Kota Tasikmalaya dan Peserta Terbersih adalah Kab. Cirebon.


    Dengan peraihan juara yang diperoleh, dapat menjadi motivasi besar bagi kami semua untuk terus menggalakan gemar makan ikan kepada masyarakat luas umumnya, dan kepada anak-anak khususnya. Karena dengan mengkonsumsi ikan akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga bagi pertumbuhan anak-anak.


    (Yp)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU