• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) : Bangkitkan Kecintaan Bahasa Daerah

    NUSANTARA NEWS
    Senin, 23 Oktober 2023, 14:36 WIB Last Updated 2023-10-23T07:36:25Z

     



    NUSANTARANEWS - SUKABUMI

    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami Hadiri lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kabupaten Sukabumi di Komplek Pendidikan, SMP Model Kecamatan Cikembar, Senin, (23/10/23)


    Kegiatan tersebut, yang dihadiri oleh para siswa jenjang SD dan SMP didampingi para sekolahnya. menampilkan beragam perlombaan yang menyoroti Bahasa dan Budaya Sunda, seperti baca sajak, dongeng, pupuh, dan berbagai kegiatan menulis.


    Erni Herawati, sebagai Panitia Pelaksana, menekankan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-17 yang mengusung revitalisasi bahasa daerah.




    "Penting bagi generasi muda untuk memelihara dan mengembangkan Bahasa Sunda sebagai bagian integral dari identitas budaya mereka." katanya.


    Bupati H. Marwan Hamami mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong anak-anak dalam mengekspresikan bakat, terutama kemampuan berbahasa Sunda. Ia menekankan bahwa memahami dan melestarikan budaya dan bahasa daerah harus dimulai sejak usia dini, karena anak-anak merupakan generasi penerus yang akan membawa tradisi ini ke masa depan.




    Bupati juga menekankan perlunya kegiatan semacam ini sebagai program berkelanjutan, bahkan disarankan untuk dimulai dari tingkat kecamatan. Proses seleksi yang dimulai dari tingkat dasar diharapkan dapat menghasilkan siswa-siswa terbaik yang benar-benar berbakat dan berkomitmen terhadap kelestarian Budaya dan Bahasa Sunda.


    "Semangat memelihara dan melestarikan Budaya dan Bahasa Sunda akan semakin menguat pasca kegiatan ini, terutama di kalangan anak-anak yang merupakan harapan sebagai generasi penerus, perlunya terus menghidupkan dan menanamkan rasa cinta terhadap Budaya dan Bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari." harapnya.


    Para peserta yang menjuarai Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kabupaten Sukabumi, selanjutnya akan di bawa ke jenjang Provinsi.



    (M.Idris)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU