• Jelajahi

    Copyright © NUSANTARA NEWS | Berita Nusantara News Hari Ini
    Nusantara News

    Follow us on

    Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan Pembinaan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan

    Rabu, 16 Agustus 2023, 15:31 WIB Last Updated 2023-08-16T08:31:37Z

    Nusantaranews | Sukabumi


    Dalam rangka memberikan arahan dan informasi kepada para pelaku usaha pengolahan ikan asin tentang penerapan mutu dan keamanan hasil kelautan dan perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan Pembinaan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan, tanggal 16 Agustus 2023 bertempat di TPI Ciwaru, Kecamatan Ciemas. 


    Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para pelaku usaha perikanan tentang pentingnya jaminan mutu dan keamanan pangan hasil perikanan. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk mendapatkan SKP (Sertifikat Kelayakan Pengolahan) agar produk olahan yang dihasilkan dapat terjamin mutu dan keamanannya. Serta kegiatan ini mendiskusikan terkait penanganan limbah dari produksi pengolahan ikan asin. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari para pelaku usaha pengolahan ikan asin di Wilayah Kecamatan Ciemas. 


    Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati, S.Sos,KP., M.Si menuturkan, saat ini persaingan usaha produk hasil perikanan semakin ketat. Banyak sekali tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan daya saing salah satuunya peningkatan mutu dan keamanan produk perikanan. Mutu produk adalah suatu keadaan dari produk perikanan yang memberikan standar kesehatan tertentu. Penentuan standar mutu produk perikanan diperlukan suatu pengujian terhadap produk tersebut. Ikan merupakan sumber protein hewani yang apabila penanganannya tidak tepat dapat cepat menurun mutunya dan bisa berbahaya jika dikonsumsi. Dengan adanya pembinaan ini, dapat membantu memberikan informasi dan wawasan kepada para pelaku usaha pentingnya jaminan mutu dan keamanan pangan.


    Dalam kesempatan ini, hadir sebagai narasumber Rikah Tababaka, S.Pi, menyampaikan materi tentang Kelayakan Pengolahan (GMP dan SSOP). Menurutnya, setiap pelaku usaha yang melakukan penanganan dan pengolahan ikan wajib memenuhi dan menerapkan persyaratan kelayakan pengolahan ikan, sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan. Karena melalui sertifikasi GMP, diharapkan pelaku usaha dapat menghasilkan produk bermutu dan aman untuk dikonsumsi. kegiatan ini di hadiri oleh Satuan Polisi Airud, Penyuluh Perikanan wilayah Kecamatan Ciemas dan para pelaku usaha pengolahan ikan asin di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.


    Harapan Dengan diadakan nya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pelaku usaha tentang pentingnya menjaga mutu dan keamanan pangan hasil perikanan. Kedepannya diharapkan para pelaku usaha dapat menerapkan GMP dan SSOP, sehingga dapat menghasilkan produk yang bermutu, aman untuk dikonsumsi dan tidak mencemari lingkungan.


    (Yp)

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU